Minyak Telon Bayi

minyak telon

Apakah bunda juga menggunakan minyak telon untuk si kecil ??? Menggosokan minyak telon ini boleh dibilang merupakan tradisi turun – temurun dari para leluhur kita. Banyak manfaat yang didapat lho Bunda dari penggunaan minyak telon bayi.

 

Aroma favorit yang mengingatkan kita akan bayi, apalagi kalau bukan aroma minyak telon bayi. Minyak telon tidak hanya bikin hangat saja, ini juga dapat membantu melindungi si kecil dari gigitan serangga atau nyamuk, sekaligus menghangatkan dan memberikan kenyamanan buat bayi kita.

Bisa dibilang, nyamuk itu musuh utamanya para bunda. Karena kulit bayi masih sensitive, maka penggunaan minyak angin biasa tidak dianjurkan untuk si kecil karena dikhawatirkan akan menyebabkan si kecil kepanasan. Oleh sebab itu si kecil sebaiknya diberi minyak telon bayi bukan minyak angin biasa. Saat ini beberapa produk minyak telon bayi juga sudah ada yang dilengkapi dengan sifat anti nyamuk sehingga mencegah si kecil terkena dari gigitan nyamuk.

Minyak Telon Sebagai Perlindungan Untuk Tubuh Si Kecil

Menjaga tubuh si kecil agar tetap hangat adalah hal yang perlu dilakukan oleh setiap bunda. Untuk menjaga kehangatan tubuh si kecil, biasanya para orang tua akan mengusapkan minyak telon bayi di perut, punggung, maupun dada si kecil setelah mandi maupun malam hari. Selain membuat tubuh menjadi lebih hangat, si kecil juga memiliki aroma khas yang segar dan wangi.

Maka dari itu bunda, sebaiknya pilihlah produk minyak telon terbaik untuk si kecil karena kulit bayi yang masih sangat sensitive. Berikan kehangatan terbaik dari bunda untuk sikecil. Pemberian minyak telon bayi yang tepat sudah membantu bunda menjaga si kecil dari gigitan serangga dan nyamuk lho.

Manfaat Minyak Telon Bayi

  1. Menciptakan aroma harum yang khas di tubuh si kecil, namun juga menimbulkan rasa hangat pada bagian – bagian yang diusapkan. Umunya di bagian punggung, perut, dan dada si kecil serta di telapak kaki. Tubuh si kecil perlu dihangatkan karena sistem pengaturan panas tubuh si kecil belum sempurna. Akibatnya, ketika suhu sekitarnya dingin, si kecil pun mudah merasakan kedinginan dan bisa menggigil. Nah, pemberian minyak telon merupakan salah satu cara untuk mencegah si kecil dari kedinginan.
  2. Mencegah terjadinya perut kembung pada si kecil. Rasa tidak nyaman pada perut bisa menimbulkan kolik yang menyebabkan si kecil menangis melengking tiba – tiba di jam – jam tertentu. Untuk mengurangi kemungkinan kembung dan perut tidak nyaman, minyak telon dapat digunakan.
  3. Menghilangkan gatal – gatal sekaligus berfungsi sebagai pelembab bagi kulit.

Kandungan bahan alam yang terkandung didalam minyak telon bayi, yang dipercaya dari jaman nenek moyang sehingga minyak telon bayi di percaya sebagai pendamping si kecil. Terlepas dari begitu banyak merek minyak telon bayi, untuk itu bunda harus lebih selektif dalam memilih minyak telon untuk si kecil. Berikan kehangatan dan sentuhan selembut sentuhan Bunda.

Minyak telon bayi dan minyak sejenis ini termasuk dalam kategori fitofarmaka atau obat tradisional. Penggunaannya lebih ditujukan sebagai terapi tambahan terhadap terapi medis yang umumnya berupa obat – obatan. Itu artinya, penggunaan minyak telon bayi pada prinsipnya bukan sesuatu yang wajib dan buka pula sesuatu yang dilarang.

Dalam pemakaiannya, selain diusapkan ke punggung, dada, perut, dan telapak kaki bayi, minyak telon bayi juga nyaman dan bermanfaat untuk pijatan bayi. Pijatan yang lembut akan membuat relaks dan terasa menyenangkan sehingga mencipktakan ikatan kasih sayang antara orang tua dan bayi. Pijat bayi juga bermanfaat untuk merangsang kerja saraf motorik, memperbaiki pola tidur, membantu pencernaan, melenturkan otot, dan meningkatkan kestabilan emosi bayi. Itulah sederet khasiat minyak telon bayi yang sangat berharga bagi bayi dan orang tua.