Gigitan Pada Bayi

gigitan bayik

Tahu kah Bunda, ternyata kebiasaan si kecil suka menggigit ada fase nya lho Bunda, jadi Bunda tidak perlu cemas atau hawatir.

Bunda merasa galau dimana banyak para orang mengeluhkan si kecil suka menggigit?? Atau bahkan Bunda sering menjadi korban gigitan si kecil sampai-sampai meninggalkan bekas merah dan deretan gigi mungil nya?? Tentu bunda ingin tahu apa yang menyebabkan si kecil suka mengigit dan apa yang harus dilakukan agar si kecil berhenti menggigit??

Aktivitas mengigit adalah bagian normal dari proses tumbuh kembang si kecil di usia 1-3 tahun. Si kecil dapat menggigit karena berbagai alasan, mulai dari karena gatal dan sakit gusi karena mau tumbuh gigi. Merasa gemas pada teman bermain atau hanya karena iseng melihat reaksi yang di gigit.

Ada Beberapa Alasan Si Kecil Mulai Suka Menggigit
  1. Sedang Tumbuh Gigi. Saat si kecil tumbuh gigi, bagian gusinya mengalami pembengkakan disertai rasa sakit dan gatal. Saat si kecil mulai mengigit sesuatu termasuk tangan Bunda, rasa sakit pada gusinya sedikit berkurang.
  2. Sedang Mengeksplorasi Lingkungan. Pada saat si kecil berusia 1-3 tahun, si kecil memiliki rasa ingin tahu yang cukup besar terhadap lingkungan sekitar nya. Terkadang si kecil menggunakan mulut atau gigi nya untuk mengeksplor sesuatu sebagai mana mereka menggunakan tangan nya. Oleh sebab itu Bunda tidak perlu hawatir jika mendapati si kecil memasukan sesuatu kedalam mulutnya. Termasuk mengigit apa yang ada di sekitarnya.
  3. Cari Perhatian. Si kecil diatas usia 3 tahun dapat mengigit karena ingin mendapatkan perhatian dari orang terdekat. Saat mereka diacuhkan atau pada saat keinginan mereka tidak diterpenuhi, Mereka dapat mengekspresikan kekesalan mereka dengan cara mengigit.
  4. Pensaran. Adakalanya si kecil mengigit karena penasaran dengan ekspresi teman bermain atau orang disekitar yang mereka gigit. Si kecil belum mengerti dapak rasa sakit yang ditimbulkan dari gigitan tersebut. Si kecil dapat pula melakukan aksi mengigit saat mereka marah atau frustasi terhadap sesuatu.

Bagi anak mengigit adalah salah satu ekspresi untuk melampiaskan kemarahan, kejengkelan atau rasa frustasi atau bisa jadi karena ingin mendapatkan perhatian dari Bunda dan Ayah.

Banyak diantara nya si kecil mulai suka mengigit pada usia tertentu, mulai dari mengigit tangan, mainan, atau apapun yang dipegang si kecil pasti dimasukan kedalam mulut si kedcil. Sebagai orang tua, Bunda pasti nya merasa panik karena mainan yang dimasukan kedalam mulut si kecil mungkin kotor atau penuh bakteri.

Akan tetapi dokter mengungkapkan bahwa kebiasaan tersebut merupakan pertanda pertumbuhan dan perkembangan pada si kecil. Yang mengindikasi bahwa si kecil sangat sehat. Sebenarnya hal tersebut terkait dengan pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Saat tumbuh gigi, si kecil akan merasakan gatal dan nyeri pada gusinya, Oleh karena itu si kecil mencari benda-benda untuk dimasukan kedalam mulut nya untuk mengurangi rasa tidak nyaman tersebut. Tahan ini mencapai usia 1 tahun, jika lebih dari 1 tahun Bunda wajib menghentikannya.

Si kecil yang mulai memasukan tangan nya kedalam mulut, ini pertanda si kecil sedang dalam masa pertumbuhan. Jadi Bunda tidak perlu melarang nya. Yang terpenting adalah, Bunda harus sering-sering membersihkan tangan si kecil agar bakteri tidak ikut masuk kedalam mulut si kecil. Jika si keicl mulai sering mengigit mainan, Bunda jangan memberikan mainan terlau kecil pada si kecil karena mudah tertelan dan akan membahayakan pada si kecil. Mainan juga sebaiknya harus dicuci terlebih dahulu ya Bunda.