Perut Kembung Pada Anak

kembung bayi

Bunda, maslah perut kembung pada si kecil sering kali kerap terjadi, perut kembung pada si kecil kerap kali terjadi yang diakibatkan oleh makanan yang dikonsumsi oleh si kecil. Oleh karena itu Bunda perlu memberikan asupan yang tidak hanya memperkuat daya tahan tubuh pada si kecil dari dalam saja, tetapi baik untuk pencernaan nya. Seperti : Buah, Sayur-sayuran dan Susu. Yuuk Bunda, kenali penyebab perut kembung pada si kecil dan cara menghatasi nya.

 

  • Makan Sambil Bermain. Menurut Michael Hart, seorang profesor pediatrik di Virginia Carillion School of Medicine, makan sambil bermain dapat menyebabkan perut kembung pada si kecil. Pasalnya tubuh yang sedang aktif saat sedang makan, bisa mengakibatkan banyak nya udara yang masuk kedalam usus si kecil. Oleh karena itu, Bunda harus membiasakan si kecil untuk tidak melakukan aktivitas lain ketika makan. Jika si kecil ingin berain, beri pengertian kepada si kecil bahwa ia boleh bermain setelah selesai makan.
  • Mengkonsumsi Asupan Serat Dan Lemak Terlalu Banyak. Si kecil memang membutuhkan makanan serat dan lemak untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya. Tetapi, jika memberikan terlalu banyak mengakibatkan perut si kecil menjadi kembung Bunda. Guna mencegahnya jangan berikan terlau banyak makan yang banyak mengandung lemak dan serat seperti : Cereal, brokoli atau makanan yang digoreng. Agar Nutrisi si kecil seimbang, Bunda bisa mendiskusikan pola makan yang sehat untuk si kecil dengan akhli gizi atau Dokter anak.
  • Terlalu Banyak Mengkonsumsi Sayuran Jenis Tertentu. Selain susu untuk si kecil yang terbaik, asupan sayuran juga penting untuk dikonsumsi secara rutin guna mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil. Namun, beberapa jenis sayur-sayuran seperti kacang-kacangan dan kembang kol ternyata dapat menimbulkan gas terlalu banyak kedalam perut lho Bunda. Meskipun begitu, bukan berarti si kecil tidak boleh mengkonsumsi jenis sayuran seperti tadi ya Bunda. Bunda, hanya perlu menyiasatinya dengan tidak memberikan jenis sayur-sayuran seperti tadi secara berturut-turut.
  • Minum Terlalu Banyak Jus. Memberikan asupan buah pada si kecil bisa dilakuan dengan berbagai cara, mulai dari menyajikannya sebagai finger food atau sebagai jus yang menyegarkan. Meskipun sehat, Bunda tidak harus memberikan jus lebih dari satu gelas dalam sehari. Pasalnya, hal tersebut tidak hanya dapat menyebabkan perut kembung pada si kecil tetapi juga dapat menyebabkan diare pada si kecil.
  • Kurang Minum Air Putih. faktor terakhir yang bisa mengakibatkan perut kembung pada si kecil adalah kurang nya asupan air putih pada si kecil. Memang, minum air putih tidak bisa menyembuhkan perut kembung pada si kecil, namun hal tersebut dapat membantu mengatasi konstipasi yang kerap terjadi ketika perut kembung. Untuk itu pastikan air putih menjadi asupan si kecil yang tidak boleh terlewatkan untuk si kecil setiap hari nya.

Itulah beberapa faktor yang dapat menyebabkan si kecil mengalami perut kembung pada si kecil. Guna mengatasinya, Bunda bisa melakukan beberapa tindakan, seperti : Mulai dari memberikan makanan pada si kecil secukup nya, hingga memijat perut nya secara lembut menggunakan handuk hangat. Jika keadaanya tidak kunjung membaik, sebaiknya Bunda segera membawa nya kedokter agar cepat mendapatkan penanganan.

Selain itu, Bunda juga bisa memberikan minyak telon pada tubuh si kecil terutama dibagian perut yang kembung. Minyak telon tidak hanya mengatasi perut kembung, tetapi juga dapat memberikan keharuman yang khas pada tubuh si kecil. Minyak telon bisa diberikan sehabis mandi dan pada malam hari pada bagian perut, tangan dan punggung si kecil.